3 Pelajaran Penting Dari Alibaba Untuk Entrepreneur

0
42
3 Pelajaran Penting Dari Alibaba Untuk Entrepreneur
image by itnews.com.au

Anda tentu sudah sangat familiar dengan Jack Ma yang merupakan salah satu orang terkaya di dunia dengan bisninya di Alibaba Group. Berawal dari bawah, kini Jack Ma menjadi salah satu inspirator bagi banyak orang yang bergelut dalam dunia entrepreneurship.

Kesuksesan yang didapat oleh Jack Ma dan Alibaba tentu bukan melalui proses yang mudah. Ada berbagai rintangan sebelum akhirnya ia menjadi salah satu role model bagi banyak orang.

Sukses dengan usahanya, Jack Ma mendirikan sebuah universitas di Hangzhou yang diberi nama Universitas Taobao. Di kampus tersebut terdapat jurusan khusus untuk bisnis digital yang menjadi tren akhir-akhir ini. Sudah ada beberapa lulusan dari kampus tersebut yang memiliki karir sangat baik.

Genecia Alluora, pendiri Soul Rich Woman merupakan salah satu lulusan yang telah berhasil karena menimba ilmu di Universitas Taobao terseubt. Ia menceritakan tentang 3 pelajaran penting dari Alibaba untuk para entrepreneur yang bisa ditiru untuk membangun sebuah usaha yang berhasil.

1. Membangun merek

Alluora mengatakan bahwa ditengah-tengah kemajuan seperti saat ini, sangat penting membangun sebuah merek yang terkenal di dunia maya. Ia mencontohkan bahwa orang-orang akan lebih teliti dalam membeli dan biasanya akan membaca ulasan dari sebuah produk.

Untuk itulah mengapa membangun merek sangatlah penting. Dengan membuat sebuah laman di Facebook dan menggambarkan detail sebuah produk akan menjadi plus sehingga akan menumbuhkan kepercayaan pada merek tersebut.

2. Marketing

Setelah membangun sebuah merek, hal terpenting yang harus dilakukan adalah bagaimana menjual produk tersebut.

Teknologi saat ini sangat memungkinkan untuk memasarkan sebuah produk dengan lebih baik. Memanfaatkan teknologi dengan maksimal menjadi hal penting dalam keberhasilan sebuah produk yang laris dipasaran. Alluora mencontohkan perlu fokus mendapatkan traffic dan memprioritaskan kata kunci pada produk untuk dijual. Ia juga menambahkan bahwa saat ini juga perlu menjual “gaya hidup” bukan sekedar produk, karena ini merupakan ikatan emosional yang sangat penting.

3. Analisis sangatlah penting

Ketika sebuah produk dilemparkan ke pasaran dan sukses, hal yang sulit adalah bagaimana mempertahankan konsumen yang ada. Perlu analisis mendalam untuk mempelajari bagaimana perilaku dari konsumen yang ada, sehingga kita bisa memberikan penawaran sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut.

Dengan 3 poin diatas dapat diimplementasikan dengan baik, kesuksesan bukan lagi menjadi sebuah angan-angan. Tentu saja dari setiap poin yang ada, terdapat rintangan yang tidak mudah. Meskipun begitu, jika memilih berkecimpung di dunia entrepreneurship tentu memang harus siap menghadapi berbagai rintangan bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here