5 Tempat Wisata Yogyakarta Wajib Dikunjungi

0
99

Yogyakarta Kota Istimewa

Yogyakarta memiliki kebudayaan sistem yang melekat seperti sistem kerajaan yang sangat di patuhi oleh rakyatnya, bisa disebut juga dengan kesultanan Ngayogyakarto Hadiningrat. Awal mula yogyakarta menjadi daerah istimewa adalah ketika indonesia diproklamasikan sebagi suatu negara yang merdeka bebas dari penjajahan dan Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Paku Alam VIII memberikan dukungan NKRI. Isi amanat dari Sri Sultan adalah “bahwa kami sebagai Kepala Daerah memegang segala kekuasaan dalam negeri Ngajogjakarta Hadiningrat yang bersifat keradjaan adalah daerah istimewa dari dari Negara Republik Indonesia.”

Selain dikenal akan sistem monarki-nya, Yogyakarta juga dikenal memiliki tempat wisata yang sangat bagus, mulai dari air terjun, pantai, gunung, pohon pinus, wisata kebun teh, bunga matahari, candi, dan berbagai tempat menarik lainnya.

Dari banyaknya tempat wisata di Yogya tersebut, tempat mana saja yang wajib dikunjungi ketika berada disana? mari kita mulai tempat wisata di Yogyakarta sebagai berikut :

1. Situs Warungboto

Situs Warungboto
image by wedangkopiprambanan.com

Situs Warungboto merupakan tempat peristirahaatan para keluarga kerajaan Sri Sultan, situs Warungboto berada pada lokasi Jalan Veteran no 77, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Situs Warungboto dibangun oleh Sultang Hamengkubuwono I dan diteruskan pada masa Hamengkubuwono II. Di situs Warungboto tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata lainnya yang cocok bagi kamu yang suka foto-foto.

2. Pantai Sedahan, Gunungkidul

Pantai Sedahan, Gunungkidul
image by eksotisjogja.com

Pantai Sedahan merupakan salah santu pantai terbagus yang ada pada daerah Gunungkidul, Wonosari. Pasirnya yang sangat putih dan air laut yang masih natural dapat membuatĀ  kepuasan kamu menjadi sangat istimewa dalam liburan. Pada pantai ini juga bisa buat kamu yang suka berkemah menikmati malam hari di alam dan melihat bintang-bintang

3. Taman Bunga Matahari

Taman Bunga Matahari
image by dolandolen.com

Taman yang awalnya ditanam merupakan kebun cabe, dikarekan angin yang berhembus cukup kencang maka ditanamlah disetikar kebun cabe bunga matahari oleh pemilik kebun. Taman Bunga Matahari berada di daerah Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Harap di ingat foto boleh, tapi jangan memetik dan menginjak-nginjak tanaman disana ya.

4. Candi Prambanan

Candi Prambanan
image by pergimulu.com

Candi Prambanan terletak pada daerah Kecamatan Prambanan, Klaten. Posisi ini merupakan perbatasan dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Klaten. Candi Prambanan dibangun pada tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan dan diperluas oleh raja Lokapala. Candi Prambanan merupakan salah satu Candi Hindu terluas, jadi anda dapat jalan-jalan di sekitaran taman Candi Prambanan untuk Eksplor Candi.

5. Malioboro

Malioboro
image by sindonews.net

Malioboro merupakan pusat wisata Kota Yogyakarta yang berada pada jl Malioboro, Yogykarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Malioboro merupakan jalan raya yang melintasi Tugu Yogyakarta sampai Kraton Yogyakarta. Pada malioboro dimanfaatkan oleh para pedagan untuk berjualan kaki lima maupun toko. Sehingga anda dapat jalan-jalan sambil foto-foto dan mencari oleh-oleh buat keluarga disaat mau pulang ke kota awal.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here