Cara Mengatur Pola Hidup Sehat

0
177

Hallo teman-teman pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara menjadikian pola hidup kita ini menjadi sehat. Tentu kita tidak mau bukan kalau umur tua nanti sakit-sakitan apalagi kalau pada saat usia muda sudah mulai gejala sakit-sakitan. Pernah bukan mendengar umur baru 20-30an sudah ada yang kena stroke, sakit gula, darah rendah dan penyakit lainnya.

Hidup sehat sampai tua merupakan impian setiap manusia. Tentu kesehatan terganggu akan mengganggu semua aktivitas kita semua, dan sebisa mungkin lebih baik menghindari daripada mengobati bukan?

Jalau kita ingin mendapatkan hidup yang sehat, kita sendiri harus mengatur pola hidup sehat dalam kehidupan kita sendiri mulai dari waktu istirahat, vitamin suplemen yang diperlukan, kegiatan untuk menunjang hidup sehat serta pola makanan yang tentunya harus sehat ya.

Cara Pola Hidup Sehat

Oke mari kita mulai bagaimana kita dapat mengatur pola hidup sehat. Dapat membuat kita menjadi manusia yang sehat dan dijauhkan dari segala penyakit di masa muda maupun tua yang akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Makan  makanan 4 sehat 5 sempurna

4 SEHAT 5 SEMPURNA
image by tirto.id

Kenapa harus 4 sehat 5 sempurna padahal 4 saja sudah sehat dan dapat membuat kita menjadi pola hidup yang cukup terbilang memuaskan dalam kesehatan kita.

Tubuh manusia itu membutuhkan karbohidrat, protein, vitamin dan kalsium, oleh karena itu kita harus menajaga pola makan kita sendiri – mulailah dari makan buah-buahan karena antioksidanya dan vitaminnya dapat menjaga keseimbangan tubuh yang sehat.

Untuk makanan lebih baik yang di rebus dan dibakar sebentar saja karena mengatur kealamian dari makanan tersebut. Untuk minuman hindari menggunakan es batu dan jangan lupa minum susu yang berkalsium tinggi, karena dapat membuat tulang sehat dan kuat. Mungkin bagi kita ada rasa bosan, maka untuk mengakali itu sediakan 1 hari cheating day jadi kamu sesekali boleh makan makanan “tidak sehat” asal tidak berlebihan tentunya.

2. Olahraga

olahraga
image by tribunnews.com

Olahraga merupakan suatu kewajiban bagi kamu yang mau mengatur pola hidup yang sehat. Jikalau kita dalam hari-hari berkerja keras dalam kantor maupun luar kantor dalam waktu 8-12 jam kerja. Maka sediakan waktu minimal 1/2 sampai 1 jam untuk olahraga ringan, atau luangkan waktu pada akhir pekan untuk berjalan santai di taman maupun di jalan raya atau jogging dipagi hari.

Dengan kamu berolahraga minimal 1/2 jam perhari, dapat membuat stamina kamu bertambah loh dibandingkan kamu yang tidak olahraga. Tentunya itu sangat berpengaruh di semua kegiatan kamu jika memiliki stamina yang fit dan lebih banyak.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat
image by honestdocs.id

Istirahat adalah waktu dimana tubuh kita memperbaiki kerusakan-kerusakan di otot kita dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengn istirahat seperti tidur, ketika kita terbangun dari tidur makan akan menjadi lebih fit dan bugar.

Untuk waktu istirahat(tidur) minimal yang tubuh kita butuhkan adalah 8 jam sehari. Percuma saja bukan kalau kita makan sehat, olahraga tetapi tidak istirahat cukup, yang ada tubuh kamu akan tambah rusak dan stamina kamu akan menurun drastis.

Baiklah itu adalah 3 cara mengatur pola hidup yang sehat. Ingat ketiganya harus ditaati ya, jangan cuma dikerjakan salah satunya saja. Tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika salah satu cara tidak terpenuhi. Sekian dari saya salam hidup sehat!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here