Dampak Buruk Minuman Bersoda Bagi Kesehatan

0
68
Dampak Buruk Minuman Bersoda Bagi Kesehatan
image by solusisehatku.com

Minuman bersoda menjadi salah satu minuman yang populer diberbagai negara termasuk di Indonesia. Dengan berbagai pilihan rasa serta dilengkapi dengan rasa soda itu sendiri, disajikan dengan keadaan dingin – minuman ini akan menjadi primadona khususnya saat cuaca panas terik.

Tidak sulit menemukan berbagai minuman bersoda – mulai dari warung kecil hingga suparmarket besar, semuanya memiliki lemari es khusus yang menyediakan minuman bersoda. Ada berbagai merk minuman bersoda, tetapi semuanya memiliki kesamaan yaitu efek buruk jika dikonsumsi secara berlebihan.

Memang benar mengkonsumsi minuman bersoda saat dingin akan membuat kesegaran tersendiri, tetapi jika dikonsumsi hampir setiap hari, maka ini akan menjadi masalah. Ada berbagai dampak bahaya bagi kesehatan apabila mengkonsumsi minuman bersoda secara berlebihan atau terus menerus.

1. Bisa membuat obesitas

Minuman bersoda sudah pasti menggunakan gula untuk memberikan rasa pada minuman tersebut. Berbeda dengan minuman biasa, minuman bersoda memiliki kadar gula hingga 4 kali lipat dari minuman manis lainnya.

Banyaknya jumlah gula yang terkandung dalam seporsi minuman bisa membuat obesitas karena kandungan kalori yang begitu tinggi dalam minuman ini.

2. Merusak ginjal

Minuman bersoda memiliki aneka rasa, dan setiap rasa memiliki warna tersendiri. Tapi tahukah kamu – pewarna yang digunakan untuk minuman bersoda memiliki dampak buruk bagi ginjal khususnya bila sering mengkonsumsmi minuman ini.

3. Dapat merusak gigi

Kandungan karbonisasi pada minuman bersoda memiliki efek negatif pada gigi. Bila dikonsumsi dalam jumlah banyak dan sering, ini akan membuat gigi kamu rusak hingga membusuk. Dalam jangka lebih lama lagi, gigi yang seharusnya masih bertahan akan lebih cepat mengeropos hingga membuat ompong sebelum waktunya.

4. Tidak memiliki kandungan gizi

Minuman bersoda dibuat dengan perasa buah, gula, kafein dan tidak terdapat kandungan nilai gizi dari minuman ini. Mengkonsumsi terlalu sering minuman bersoda bukan hanya memberikan dampak negatif bagi kesehatan tetapi juga diperparah dengan tidak adanya kandungan gizi pada minuman bersoda ini.

5. Menurunkan kualitas sperma pria

Setiap pria dewasa tentu berharap memiliki kualitas sperma yang baik, khususnya bagi pasangan yang baru saja menikah. Dengan sperma yang baik, maka peluang untuk memiliki keturunan sehat dan sempurna akan lebih besar.

Jika kamu seorang pria dewasa dan ingin sperma yang sehat, maka menghindari minuman bersoda merupakan salah satu caranya.

6. Membuat tulang rapuh

Salah satu kandungan dari minuman bersoda adalah asam fosfat. Asam fosfat sendiri berbahaya bagi tulang dan bisa mengikis hingga membuat tulang rapuh. Menghindari minuman bersoda berarti juga melindungi tulang dari kerapuhan dini.

7. Sangat membahayakan janin

Bagi ibu hamil, minum minuman bersoda dapat membuat kualitas janin menurun hingga membuat bayi dalam kandungan akan mengalami kecacatan. Lebih parah lagi, janin dalam kandungan bisa mati karena terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda saat masa kehamilan.

Setelah tau beberapa dampak buruk minuman bersoda bagi kesehatan, sebaiknya mulai sekarang kamu harus mulai menghindari minuman-minuman bersoda. Meskipun memberikan rasa segar, efek jangka panjang khususnya bagi yang sering mengkonsumsi minuman bersoda akan sangat berbahaya. Lebih baik menghindari daripada mengobati bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here