Hobi, Peluang Usaha Yang Menguntungkan

0
7

Hobi, Peluang Usaha Yang Menguntungkan

Padatnya aktivitas yang kita jalani sebagai karyawan membuat kita kehabisan waktu untuk melakukan hal-hal yang kita sukai, terlalu sibuk dengan pekerjaan yang tak pernah ada habisnya.

Terkadang kita merasa jenuh dengan aktivitas yang berulang setiap harinya, sedangkan penghasilan selalu dengan nominal yang sama setiap bulannya. Untuk mengisi waktu luang atau saat terasa jenuh biasanya kita melakukan hal yang kita sukai, yang biasa di sebut hobi.

Eh tapi jangan salah, dari beberapa hobi yang biasa di lakukan ternyata  bisa menambah isi ATM loh. Berikut beberapa hobi yang menguntungkan jika kita tekuni.

1. Kuliner

Bagi sebagian orang makan dijadikan hobi yang sangat diminati, terkadang saat kita dalam kondisi yang kurang senang hati atau bisa dibilang galau, maka kita akan mengalihkan itu dengan memburu berbagai jenis makanan, mulai dari makanan tradisional sampai makanan modern (junk food).

Nah dari seringnya kita makan makanan yang beragam sebetulnya bisa di jadikan modal untuk kita membuka usaha di bidang kuliner, atau dengan menjual makanan favorite kita. Kalo sulit dengan waktu bisa juga kita menjualnya secara online atau jadi reseller dari produk makanan tertentu kalo emang kekurangan dana. Jadi ga cuma ngarep dari gaji bulanan aja kan, dan ga juga buang2 uang untuk beli makanan ini itu. hihi…

2. Travelling

Weekdays penat dengan rutinitas yang dikerjakan di kantor, dan saat weekend tiba rasanya ingin menghabiskan waktu dengan me time atau family time. Nah, untuk memanfaatkan waktu yang berharga itu biasanya kita habiskan dengan jalan-jalan ke mall (buat yang tinggal di daerah kota) atau bisa juga ke tempat wisata yang berbau alam dengan segala keindahannya.

Ini yang kebanyakan keluarga lakukan untuk menikmati waktu luang, tanpa kita sadari sebenarnya kita bisa ambil peluang usaha dengan hobi kita jalan-jalan ini.

Dari hobi kita mengunjungi banyak tempat wisata atau travelling, kita bisa mempromosikan tempat-tempat tersebut kepada orang lain, misal dengan mengabadikan poto yang kemudian di sharing, atau kita bisa membuat blog tentang travelling, atau juga bisa menjadi vloger untuk menunjukan tempat-tempat wisata yang pernah dikunjungi.

Jadi selain menikmati keindahan alam yang kita minati, kita pun bisa memperoleh pundi-pundi untuk terus mengeksplore tempat lainnya. jangan takut kehabisan uang yaaaa buat yang hobi travelling.

3. Olahraga

Selain membuat tubuh kita sehat, olaharaga merupakan hobi yang banyak di lakukan kaum pria. Banyak jenis olahraga yang bisa di lakukan dengan minimnya waktu bagi para pekerja, diantarnya jogging, fitness, renang, sepak bola, bulutangkis, basket dan masih banyak lainnya.

Nah, pernahkah kita  sadari jika memiliki hobi olahraga kita bisa menambah penghasilan kita ? yaitu dengan membuka toko olahraga yang menjual alat-alat olahraga sederhana, seperti raket, bola, sepatu running atau futsal. Dan bisa juga kita membuka tempat fitnes sendiri, jadi tidak perlu lagi melakukan hobi di tempat lain karena kita pun membuka tempat olahraga sendiri.

4. Handmade

Kalo olahraga banyak dilakukan oleh kaum pria sebagai hobi nya, maka kaum wanita pun tak mau kalah dalam mengolah hobinya agar bisa dijadikan peluang bisnis.

Dari keusilan tangan yang enggan untuk diam, atau lebih suka berkreasi menghasilkan sesuatu yang unik atau bisa di jadikan pajangan serta kerajinan tangan ini bisa membuat kita mendapatkan penghasilan tambahan. Yaitu dengan menjual hasil dari kerajinan tangan kita sendiri, bisa memasarkannya secara online atau langsung di tempat kerja kita, sambil bekerja sambil sambilan yang lain.

5. Menulis

Wah kalo hal ini sangat umum dilakukan, apalagi bagi para pelajar, pasti banyak diantara kita yang memiliki hobi menulis, membuat karangan, membaca atau menggambar . Tidak hanya pelajar, bagi karyawan pun menulis merupakan hobi yang menghemat segalanya.

Jangan salah, dari hobi kita menulis kita bisa menjadi seorang pengarang buku, yang kemudian kita akan mendapatkan uang dari hobi tersebut. Kalo pengarang buku teralu ribet, kita bisa juga menjadi blogger , yang menuangkan tulisan nya dalam bentuk artikel dan di publish secara online, jadi lebih efesien waktunya.

6. Fashion

Hobi yang ini sudah pasti hobi yang paling banyak dipilih oleh para hawa di dunia, ga salah lagi fashion kini semakin pesat perkembangannya. Hampir setiap tahun atau dalam kurung waktu singkat perubahan nya terus terjadi, mungkin hobi ini yang ga akan pernah kehabisan peminat. Apalagi zaman sekarang, dengan biaya murah kita sudah bisa mendapatkan barang-barang yang mirip dengan barang branded, jadi ga perlu ngerasa minder kalo emang punya hobi dalam dunia fashion tapi minim budget.

Karena biasanya hobi dalam dunia fashion yaitu mengumpulkan koleksi-koleksi pakaian atau sejenisnya, terkadang kita lupa kalo yang kita punya tidak lagi terpakai, naaah hal ini bisa dijadikan peluang untuk berbisnis, yaitu dengan menjual pakaian yang sudah tak masuk dalam list lemari kita, atau bisa juga kita lelang di sosmed kita untuk menarik pelanggan.

Itu dia beberapa hobi yang bisa membuat peluang usaha sebagai pekerja, selain kita senang melakukannya kita pun bisa mendapatkan hasil yang memuaskan jika hobi tersebut ditekuni dengan sungguh-sungguh.

“Do what you Love, Love what you Do”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here