Kesalahan Umum Dalam Membuat CV

0
53
Kesalahan Umum Dalam Membuat CV
image by duniakaryawan.com

Ketika mulai mencari pekerjaan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan selain skill yang memang ingin “dijual” untuk mencari pekerjaan idaman sesuai dengan minat. Salah satu modal pamungkas yang perlu dipersiapkan adalah membuat curriculum vitae(CV).

Seperti yang diketahui bersama, CV merupakan modal dasar seseorang untuk mencari pekerjaan. Ini sangat penting karena dari sinilah biasanya perusahaan akan melakukan penilaian awal terhadap para kandidat yang melamar pada perusahaan yang bersangkutan. Tentu bagi pencari pekerjaan, mempersiapkan CV sebaik-baiknya harus sangat diperhatikan jika tidak ingin gagal pada tahap awal.

Memang CV yang baik belum tentu memastikan diri kita bisa mendapatkan pekerjaan, namun dengan CV langkah awal untuk mendapatkan pekerjaan impian telah dilakukan.

Berbicara tentang CV, ada beberapa kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh pencari kerja. Kesalahan-kesalahan umum ini kemungkinan besar dapat berdampak buruk kepada penilaian perusahaan terhadap calon kandidat yang melamar perusahaannya. Apabila Anda ingin melamar pekerjaan, pastikan kesalahan-kesalahan dalam pembuatan CVtidak terjadi. Apa saja kesalahan umum dalam pembuatan CV yang biasanya dilakukan para pelamar pekerjaan?

1. Memasukkan data yang tidak relevan

CV berisikan data-data mengenai para kandiat yang melamar pekerjaan. Meskipun begitu, tidak semua hal perlu dimasukkan dalam CV Anda. Perusahaan biasanya melihat hal ini sebagai salah satu seleksi awal.

Anda harus melihat prioritas data apa saja yang perlu dimasukkan. Hal-hal seperti hobi, makan kesukaan, minuman kesukaan tentu tidak relevan ketika Anda melamar pekerjaan pada umumnya. Hindari kesalahan memasukkan data yang tidak relevan dan prioritaskan data-data yang sesuai dengan pekerjaan yang ingin dilamar.

2. Menyembunyikan informasi penting

Ini berhubungan dengan poin sebelumnya. Salah satu kesalahan umum lain yang biasa dilakukan oleh pelamar ketika membuat CV adalah tidak menampilkan informasi penting.

Anda ingin melamar pekerjaan, jadi jangan lupa untuk menampilkan informasi-informasi penting seperti portfolio, pengalaman kerja, ketrampilan tambahan dan berbagai hal sebagainya. Poin penting yang harus dipertajam sendiri biasanya terletak pada pengalaman kerja dan portfolio.

3. Memanipulasi data

Saat Anda memutuskan ingin melamar pekerjaan dan telah menyiapkan CV, ada satu hal penting yang tidak boleh dilakukan. Memanipulasi data-data pada CV merupakan sesuatu yang bukan hanya dapat merugikan perusahaan, namun juga dapat merugikan diri sendiri.

Anda mungkin bisa saja melewati tahap awal dengan memanipulasi data pada CV, namun pada akhirnya ini pasti akan ketahuan. Hal ini merupakan kesalahan yang sangat fatal, jadi jangan pernah mencoba untuk melakukan hal ini.

4. Desain CV yang berlebihan

Jika Anda berpikir untuk mendesain CV dengan tampilan yang menarik tentu bukan sesuatu yang salah. Memang mempercantik tampilan CV menjadi poin tambahan untuk beberapa perusahaan. Meskipun demikian, jangan pernah membuat desain CV yang berlebihan.

Tampilan CV yang memiliki desain terlalu mencolok justru bukan sesuatu yang bagus. Pastikan desain CV yang Anda miliki tidak terlalu rumit dan tidak menggangu mata.

5. CV terlalu panjang

CV yang terlalu panjang juga sering menjadi permasalahan untuk beberapa perusahaan. Memang benar bahwa harus menuliskan berbagai data, tapi ini juga harus memperhatikan jumlah halaman dari CV. Buat CV tersebut singkat, padat dan menarik dan jangan terlalu panjang karena ini bisa saja akan mengurangi penilaian awal dari orang yang ingin merekrut Anda.

Kesalahan-kesalahan diatas perlu dihindari sehingga CV Anda setidaknya masuk menjadi yang di review oleh perusahaan. Tidak sedikit CV yang memang dari awal terlihat tidak menarik bahkan tidak dibaca dan dilewatkan begitu saja oleh perekrut.

Jadi, jangan sampai hal ini terjadi kepada Anda hanya karena melakukan kesalahan-kesalahan umum dalam membuat CV.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here