Kutipan Menarik Dari Dalai Lama

Kutipan Menarik Dari Dalai Lama

sumber : republika.co.id

Dalai Lama bukanlah nama seseorang, melainkan ini merupakan gelar yang disematkan untuk garis tulku dari pemimpin Gelugpa. Tenzin Gyatzo sendiri merupakan Dalai Lama ke-14 dan bertahan hingga saat ini. Peran dari Dalai Lama sendiri banyak mencuri perhatian dunia dan ia merupakan salah satu tokoh bidang keagamaan Budha sebagai representasi perdamainan.

Dalai Lama ke-14 ini pada tahun 1989 menerima hadiah Nobel Perdamaian atas usahanya untuk mengkampanyekan anti-kekerasan. Sebagai salah satu orang berpengaruh di dunia, ia banyak berkeliling dan mengajarkan banyak hal menyangkut masalah orang-orang Tibet dan ajaran ajaran Budha baik Mahayana maupun Vajrayana.

Meskipun Dalai Lama merupakan tokoh Budha, namun sepertinya hal-nya gelar Paus pada masyarakat katolik – Dalai Lama merupakan tokoh dunia yang menginspirasi bagi banyak orang hingga lintas generasi tanpa memandang agama, suku, ras atau lainnya.

Ada banyak kutipan menarik dari Dalai Lama ke-14 ini yang mungkin bisa menginspirasi kamu, apa saja?

Kutipan menarik Dalai Lama

  1. Goal terpenting bukanlah lebih baik dari orang lain, tetapi lebih baik dari diri kita sebelumnya.

2. Kebahagiaan bukan datang dari sesuatu yang telah terjadi. Kebahagiaan datang dari hal yang kita lakukan.

3. Menaklukkan diri sendiri merupakan kemenangan terbaik dibandingkan penaklukkan seribu pertarungan.

4. Orang mengambil jalan berbeda untuk mencari kebahagiaan. Hanya karena jalan tersebut berbeda dengan kita, bukan bearti mereka ada di jalan yang salah.

5. Jika kamu berpikir terlalu kecil untuk membuat sebuah perbedaan, cobalah tidur dengan seekor nyamuk.

6. Teman lama pergi, teman baru muncul. Itu seperti hari-hari. Hari lama berlalu, hari baru datang. Hal terpenting adalah membuat itu berharga: teman berharga– atau hari berharga.

7. Jangan menyerah. Tidak peduli apa yang terjadi, tidak peduli apa yang terjadi disekeliling mu, jangan menyerah.

8. Jika sesuatu bisa diselesaikan, tidak perlu khawatir akan sesuatu, dan jika sesuatu tidak dapat diselesaikan, khawatir merupakan sesuatu yang tidak berguna.

9. Hanya ada 2 hari dalam satu tahun untuk tidak dapat melakukan sesuatu. Pertama itu disebut “kemarin” dan satunya disebut “besok”. Hari ini merupakan hari yang tepat untuk mencintai, mempercayai, melakukan dan hidup lebih banyak.

10. Waktu berjalan tanpa hambatan. Jika kita melakukan kesalahan, kita tidak dapat memutar waktu dan mencoba lagi. Yang bisa kita lakukan adalah melakukan hari ini dengan sebaik-baiknya.

COMMENTS

DISQUS: 0