Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal Yang Perlu Kamu Tahu

Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal Yang Perlu Kamu Tahu

sumber : https://www.rd.com/

Bangun pagi lebih awal bagi beberapa orang merupakan hal yang tidak mudah. Jangankan untuk bangun lebih pagi, bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan suatu hal yang sulit.

Padahal, ada berbagai alasan manfaat bangun pagi lebih awal baik bagi kesehatan hingga produktivitas harian.

Jika kamu masih enggan bangun pagi lebih awal, sebaiknya harus mempertimbangkan untuk mengubah hal tersebut. Beberapa manfaat dari bangun pagi lebih awal berikut mungkin dapat mengubah pola pikir kamu sehingga dapat membiasakan untuk bangun pagi lebih awal.

Bangun pagi lebih awal membuat nilai sekolah lebih baik

Menurut penelitian dari Texas University, menemukan bahwa pelajar yang bangun lebih pagi memiliki nilai yang lebih baik dibandingkan pelajar lainnya. Penelitian dari Texas University ini membandingkan siswa yang bangun lebih awal dengan siswa yang tidur lebih banyak.

Tentu saja, ini didapat bukan hanya sekedar bangun lebih awal. Saat bangun lebih awal, lakukan aktifitas bermanfaat dan jangan lupa untuk sarapan.

Membantu diet sehat

Dengan bangun lebih awal, maka kamu seharusnya tidak akan melewatkan sarapan. Sarapan merupakan hal penting, karena ini adalah “modal” awal untuk memulai aktifitas harian.

Bagi kamu yang sedang diet, melewatkan sarapan justru bukan membantu diet. Pasalnya saat jam makan siang – kamu akan merasakan rasa lapar yang lebih sehingga kemungkinan besar akan memakan lebih banyak dibandingkan porsi normal.

Bangun lebih pagi sehingga tidak melewatkan sarapan menjadi salah satu cara untu membantu diet sehat.

Meningkatkan produktivitas

Rata-rata orang sukses bangun lebih awal setiap paginya. Dengan bangun lebih awal, mereka dapat melakukan banyak hal lain ketimbang tidur lebih lama.

Christoph Randler ahli biologi dari Harvard University pada tahun 2010 menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi akan lebih proaktif.

Bagaimana bangun lebih awal membuat lebih produktif?

  • Ada lebih sedikit gangguan pada jam-jam awal hari sehingga kamu dapat mencapai lebih banyak dengan gangguan minimal.
  • Setelah tidur malam yang nyenyak, otak akan diisi dan siap bekerja keras. Ini dapat membua lebih efisien dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan lebih baik.
  • Orang yang bangun lebih awal juga lebih baik dalam membuat keputusan, merencanakan dan menetapkan tujuan.
  • Bangun lebih awal mungkin akan membuat kamu mengeluh di awal tetapi setelah terbiasa, kamu akan memiliki lebih banyak energi untuk menjalani hari.

Membuat kesehatan mental lebih baik

Studi menemukan bahwa morning people memiliki optimistik, perasaan positif lebih baik dan tentunya kesehatan mental lebih baik.

Ini berbading terbalik bagi night owl yang lebih rentan terkena masalah depresi dan masalah mental lainnya.

Memiliki waktu untuk berolahraga

Bangun pagi lebih awal membuat kamu memiliki waktu untuk berolahraga ringan. Olahraga ringan di pagi hari setelah bangun dari tidur dapat membuat kesehatan jiwa dan raga terjaga.

Selain itu, jika kamu ingin memiliki tubuh ideal, olahraga pagi hari merupakan salah satu kuncinya. Yang paling terpenting dari semua itu, olahraga sangat baik bagi kesehatan.

Memiliki waktu untuk berdoa atau meditasi

Terakhir, ini merupakan manfaat dari bangun pagi lebih awal yang tidak kalah penting.

Bagi umat muslim, bangun pagi memang sangat dianjurkan karena harus melaksanakan kewajiban sholat subuh. Ada pun untuk agama lain, bangun pagi lebih awal dapat dimanfaatkan untuk berdoa atau meditasi.

Dengan berdoa atau meditasi, kebutuhan akan masalah kerohanian akan terpenuhi sehingga membuat diri lebih semangat menjalani hari-hari.

COMMENTS

DISQUS: 0