Mengatasi Stres Dengan Manajemen Stres

Mengatasi-Stres-Dengan-Manajemen-Stres

sumber : https://www.knomobags.com/

Pernah merasakan stres? jawabannya pasti ya. Baik disadari atau tidak, semua orang pasti pernah mengalami stres, khususnya yang sudah bisa berpikir. Seorang siswa Sekolah Dasar(SD) sekalipun bisa mengalami stres karena tekanan pelajaran di sekolah-nya atau bahkan sering di bully oleh teman-temannya.

Stres merupakan hal wajar yang terjadi pada manusia, khususnya orang dewasa yang memang harus menghadapi banyak hal dalam hidupnya. Bagi sesorang yang telah dewasa, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan stres – mulai dari permasalahan sekolah, kuliah, pekerjaan, asmara dan banyak lainnya memang bisa membuat pikiran menjadi terbebani(stres).

Sebenarnya, stres itu sendiri memiliki tingkatan dan yang paling parah apabila tidak ditindak lanjuti, bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan depresi dan berujung bunuh diri.

Ada banyak kasus diluar sana tentang motif sesorang bunuh diri. Tidak sedikit bahkan orang-orang terkenal nekat bunuh diri karena mengalami stres akut.

Permasalahan stres ini sendiri tidak bisa dipandang sebelah mata. Bukan tidak mungkin hal yang terlihat remeh ini bisa mengakibatkan fatal apabila tidak diatasi. Tentu saja ada banyak cara untuk mengatasi stres, salah satu yang bisa diterapkan adalah manajemen stres.

Apa itu manajemen stres?

Manajemen stres merupakan kata serapan dari kata management stress yang dalam bahasa Inggris berarti mengelola stres. Dalam arti sederhana, manajemen stres merupakan cara untuk mengelola stres sehingga bisa teratasi. Cara yang dimaksud disini dengan melakukannya secara mandiri – tentu saja ini adalah tindakan pertama yang bisa dilakukan sebelum harus bertemu kepada sesorang yang ahli dibidang ini.

Dengan melakukan manajemen stres, maka pikiran yang tertekan akan banyak hal bisa lebih terkontrol dengan baik. Banyak permasalahan hingga tekanan yang membuat stres membuat segalanya menjadi buruk, dan perlu ada treatment untuk mencegah stres lebih akut lagi.

Beberapa cara sederhana bisa dilakukan untuk manajemen stres sehingga mengurangi beban pikiran karena banyak hal. Cara mengatasi stres lebih rinci dapat dilihat dibawah :

Semua tergantung sudut pandang

Banyak orang yang terkadang berlarut-larut memikirkan permasalahan yang terjadi pada dirinya.

Jika kamu gagal akan satu mata kuliah, coba lihat sudut pandang lain yang bisa membuat mu tetap bersemangat, misalnya – bukankah kegagalan satu mata kuliah tidak ada artinya dibandingkan keberhasilan pada mata kuliah lainnya?

Yang perlu ditekankan adalah, jangan terlalu meliahat sesuatu dari sudut pandang kegagalan dan mengabaikan apa yang telah dicapai. Selalu ada hal positif yang bisa dipetik dari segala sesuatu hal kegagalan, dan ubah mindset untuk tidak berfokus pada sudut pandang kegagalan, melainkna sebaliknya.

Buat daftar permasalahan dan tulis rencana solusi permasalahan

Jika bingung menghadapi permasalahan, kenapa tidak memulai dengan mencatatnya?

Kamu bisa membuat daftar permasalahan yang saat ini terjadi dan membuat stres. Setelah membuat daftar tersebut, coba pikiran secara jernih, solusi apa yang bisa dilakJusukan dari masing-masing permasalahan tadi. Tidak ada salahnya menuliskan permasalahan dan solusi diatas kertas terlebih dahulu, sebelum melakukan action, bukan?

Berserah

Hidup memang selalu berjalan dan belum tentu terjadi seperti yang kita harapkan. Segala sesuatu baik atau buruk pasti menghampiri setiap manusia, dan yang perlu disadari adalah – manusia memiliki banyak batasan termasuk menghindari hal-hal buruk.

Jika manusia tidak dapat menolak segala sesuatu, manusia memiliki kemampuan lain untuk mengatasi hal tersebut. Adalah berserah menjadi hal yang bisa dilakukan manusia khususnya pada hal yang memang diluar kemampuan manusia itu sendiri.

Berserah bukan berarti pasrah, namun lebih kepada mengikuti alur sembari melihat jernih permasalahan untuk mencari solusi yang ada.

Just relax

Terkadang permasalahan yang terjadi menjadi besar justru karena manusia itu sendiri yang membuatnya. Kenapa tidak mencoba untuk lebih santai dalam menghadapi segala permasalahan yang ada?

Kamu hanya perlu untuk menenangkan diri, dan ingat bahwa ada tempat mengadu akan segala permasalahan, yaitu kepada-Nya.

Cobalah untuk olahraga

Sebaiknya-baiknya pelarian masalah adalah kepada sesuatu hal yang positif. Pelarian masalah kepada hal negatif seperti obat-obatan, minuman keras atau hal negatif lainnya justru akan menambah permasalahan yang ada.

Daripada melakukan hal yang negatif, mengapa tidak mencoba hal positi seperti olahraga?

Tidak perlu dijelaskan panjang lebar, sudah tentu olahraga sangat baik untuk kesehatan jasmani dan rohani. Jika merasakan tekanan dan stres, cobalah sejenak untuk berolahraga. Joging atau renang sangat menyenangkan dan bisa membuat badan dan pikiran menjadi segar kembali – dengan begitu, maka menaklukan stres menjadi lebih mudah, bukan?

Curhat ke orang dekat

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, kita bisa mengadukan apa saja kepada Sang Segalanya termasuk permasalahan kita. Meskipun begitu, tidak ada salahnya juga curhat kepada orang terdekat tentang permasalahan yang sedang kita hadapi.

Perlu diingat, curhat kepada orang terdekat memang bisa meringankan beban, namun jangan sampai salah memilih orang untuk tempat curhat ya!

Ya, itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres dengan manajemen stres. Semuanya tentu kembali kepada diri masing-masing. Poin diatas merupakan teori yang bisa diterapkan, keberhasilannya tergantung pada usaha yang kamu lakukan sendiri. So, just do it!

COMMENTS

DISQUS: 0