Nge-vape Berbahaya Bagi Jantung

0
11
Nge-vape Berbahaya Bagi Jantung
sumber : http://eastcoastvapers.com/

Vape menjadi salah satu tren saat ini bagi para perokok aktif. Bukan hanya perokok, banyak orang yang tidak merokok pun akhirnya menjadi vapers(orang yang menggunakan vape) karena menganggap ini lebih aman. Namun, apakah benar jika vape lebih aman dibandingkan dengan rokok biasa?

American Heart Association belum lama ini melakukan penelitian tentang vape yang berjudul Arteriosclerosis, Thrombosis, and Vascular Biology. Dari penelitian yang dilakukan oleh lembaga tersebut, ditemukan bahwa beberapa rasa dari vape yang biasa disebut liquid memiliki dampak buruk bagi kesehatan jantung.

Penelitian ini dilakukan dengan percobaan sel endotel, yang melapisi pembuluh darah dan di dalam jantung. Hasil penemuan ini mengungkapkan ada 9 rasa(mentol, acetylpyridine, vanillin, cinnamaldehyde, eugenol, diacetyl, dimethylpyrazine, isoamyl acetate dan eucalyptol) yang berbahaya bagi kesehatan jantung meskipun dalam level rendah.

Efek samping vape

Dari hasil studi ini terungkap bahwa vape juga memiliki efek samping yang tidak kalah mengerikan dengan rokok biasa.

Fenomena vape memang sangat cepat tersebar. Baik laki-laki maupun perempuan, diperkotaan saat ini sangat mudah menjumpai vapers. Alih-alih perokok biasa ingin berhenti merokok dengan vape, justru ini hanyalah perpindahan dari satu kebiasaan buruk ke kebiasaan buruk lainnya.

Selain berdampak buruk pada kesehatan, pengguna vape yang sering ditempat umum juga turut menggangu orang sekitar. Sama seperti rokok, vape juga menghasilkan kepulan asap yang bahkan lebih banyak dibanding rokok biasa.

Ada pun tren yang terjadi tetapi merugikan diri sendiri dan orang, memang sebaiknya dihindari. Memulai gaya hidup sehat tanpa rokok atau vape dan menggantinya dengan kebiasaan mengkonsumsi makanan sehat lebih baik. Lebih baik menggunakan uang untuk membeli rokok atau liquid vape digunakan untuk membeli buah-buahan atau makanan sehat yang lebih jelas manfaatnya, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here