Tutorial Analisis Teknikal – Candlestick

Dalam dunia trading baik itu saham atau forex dan lainnya, ada 2 hal utama yang harus dipelajari untuk bisa menghasilkan keuntungan dari sana. Kedua hal ini wajib dipelajari bagi mereka yang ingin terjun dalam bidang trading itu sendiri.

Adalah analisis teknikal dan analisis fundamental yang wajib hukumnya dipelajari bagi setiap orang yang ingin terjun dalam dunia trading tadi. Kami sebelumnya sudah pernah menjelaskan tentang perbedaan dari analisis teknikal dan analisis fundamental bagi kamu yang belum mengetahui perbedaan dari kedua jenis analisis tersebut.

Kali ini, kami ingin memberikan tutorial singkat tentang analisis teknikal yaitu pembahasan seputar candlestick. Candlestick merupakan salah satu bentuk dari grafik yang menggambarkan pergerakan dari suatu saham dari waktu ke waktu. Dengan bermodalkan grafik ini, kamu bisa melihat berbagai informasi penting seperti harga pada saat open, close, hightest dan lower.

Banyak orang yang menggunakan candlestick sebagai parameter untuk memprediksi pergerakan selanjutnya dari saham yang ada. Perlu diingat, bahwa memprediksi bukan berarti mengetahui secara pasti pergerakan, tetapi ini melihat peluang atau kemungkinan yang bisa terjadi dengan mengandalkan dari pergerakan yang tersaji di candlestick. Ibarat pertandingan sepak bola, kita tidak mengetahui secara pasti siapa tim yang akan memang – tetapi dari statistik dll, kita bisa mengetahui kemungkinan terbesar tim mana yang akan memenangkan pertandingan. Get it, right?

Ada beberapa jenis candlestick, dan setiap jenis tersebut merupakan gambaran yang bisa digunakan untuk memprediksi pergerakan harga pada hari berikutnya. Apa saja jenis candlestick? cekidot!

Dragonfly Doji


Jenis pertama adalah Dragonfly Doji. Karakteristik dari jenis candlestick ini adalah terjadinya penurunan harga yang cukup signifikan tetapi pada penutupan pasar – harga berbalik ke arah yang sama seperti pertama kali dibuka.

Dari gambar diatas bisa dilihat bagaimana terjadi penurunan yang tajam oleh bayangan, tetapi diakhir penutupan pasar harga buka dan tutup berada diposisi yang sama.

Apa yang perlu diperhatikan ketika terjadi posisi Dragonfly Doji ?

  • Harus mendahului downtrend
  • Posisi candle terlihat seperti huruf ‘T’
  • Harga open, tutup dan harga tertinggi berada di harga yang sama atau relatif sama

Apa yang terjadi pada posisi Dragonfly Doji?

  • Ketika market dibuka, harga terbawa ke arah bearish atau downtrend sehingga terbentuk bayangan yang jauh ke bawah
  • Kekuatan bullish sangat kuat sehingga mampu memukul balik ke arah atas
  • Semakin panjang bayangan bearish menandakan sinyal bullish yang lebih kuat

Bagaimana membeli pada posisi Dragonfly Doji?

  • Cari posisi Dragonfly Doji pada posisi terbawah saat downtrend
  • Tunggu candle berikutnya close berada diatas harga tertinggi Dragonfly Doji untuk mengkonfirmasi kekuatan bullish
  • Open posisi saat konfirmasi sudah terjadi
  • Pasang stop-loss berada di posisi paling bawah dari Dragonfly Doji

Dragonfly Doji merupakan salah satu bentuk candlestick yang bisa dijadikan sebagai ‘senjata’ untuk memprediksi harga berikutnya. Berikutnya kami akan menjelaskan bentuk candlestick lain secepatnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan mudah dipahami, jika ada sesuatu yang kurang jelas – feel free to comment below!

COMMENTS

DISQUS: 0